Hubungi kami: 081212 814843 / 087884302987 / 021.9279 5135
Dalam studi kelayakan akan melibatkan banyak tim dari berbagai ahli dan disiplin ilmu yang sesuai dengan bidang atau aspek masing-masing seperti ekonom, hukum, psikolog, akuntan, rekayasa teknologi dan lain sebagainya.
Studi kelayakan biasanya digolongkan menjadi dua bagian yang berdasarkan pada orientasi yang diharapkan oleh suatu perusahaan yaitu:
- Orientasi tidak pada laba (social), yaitu studi yang menitik-beratkan suatu proyek tersebut bisa dijalankan dan dilaksanakan tanpa memikirkan nilai atau keuntungan ekonomis
- Berdasarkan orientasi laba, yaitu, studi yang menitik-beratkan pada keuntungan yang secara ekonomis, dan bagaimana prospeknya ke depan.
Jadi pengertian studi kelayakan proyek atau bisnis adalah penelitian yang menyangkut berbagai aspek baik itu dari aspek hukum, sosial ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis, dan teknologi sampai dengan aspek manajemen dan keuangannya, dimana itu semua digunakan untuk dasar penelitian studi kelayakan dan hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan apakah suatu proyek atau bisnis dapat dikerjakan atau ditunda dan bahkan ditidak dijalankan sama sekali.
RUANG LINGKUP
Aspek yang terdapat pada feasibility study/studi kelayakan proyek bisnis yang terdiri dari berbagai aspek yang sudah disebutkan di atas antara lain :
Berkaitan dengan keberadaan secara legal dimana proyek akan dibangun yang meliputi ketentuan hukum yang berlaku termasuk :
> Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk
badan hukum lainnya.
> NPWP (nomor pokok wajib pajak)
> Surat tanda daftar perusahaan
> Surat izin tempat usaha dari pemda setempat
> Surat tanda rekanan dari pemda setempat
> SIUP setempat
> Surat tanda terbit yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen
Penerangan
3. Izin lokasi :
> sertifikat (akte tanah),
> bukti pembayaran PBB yang terakhir,
> rekomendasi dari RT / RW / Kecamatan
Berkaitan dengan dampak yang diberikan kepada masyarakat karena adanya suatu proyek tersebut :
- Dari sisi budaya
- Dari sudut ekonomi
- Dan dari segi sosial
- Aspek teknis dan teknologi
- Aspek manajemen
- Aspek pasar dan pemasaran
Berkaitan dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akan di tawarkan oleh suatu proyek tersebut :
- Potensi pasar
- Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.Tentang perkembangan/pertumbuhan penduduk :
- Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang mencakup tentang perilaku, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan permintaan masa lalu, dll.
- Pemasaran, menyangkut tentang starategi yang digunakan untuk meraih sebagian pasar potensial atau peluang pasar atau seberapa besar pengaruh strategi tersebut dalam meraih besarnya market share.
Berkaitan dengan sumber dana yang akan diperoleh dan proyeksi pengembaliannya dengan tingkat biaya modal dan sumber dana yang bersangkutan
Siapa yang dapat melakukan feasibility study ini? Hal ini tergantung kepada kebutuhan clients itu sendiri, apabila hasil fs tersebut nantinya akan di pergunakan untuk ke perbankan maka di sarankan dilakukan oleh perusahaan consultant yang Profesional . kami menyadari bahwa konsultan studi kelayakan semangkin di butuhkan oleh dunia bisnis. tetapi semuanya haruslah di lakukan oleh konsultan feasibility study yang kompetent dan berpengalaman.
Untuk mendapatkan jasa konsultan feasibility study atau studi kelayakan dari kami, silahkan hubungi kami di:
0 komentar:
Posting Komentar